Belajar Pemrograman C #02 : Install Tools Pemrograman Bahasa C di Smartphone


Assalamualaikum teman-teman, semoga hari kamu selalu bahagia... ok. Sekarang kamu akan belajar menuliskan program bahasa C di smartphone. Jadi meski di rumah tidak ada PC, kamu tetap bisa belajar bahasa C menggunakan smartphone.

Banyak developer yang membuat aplikasi IDE di smartphone utamanya yang menggunakan sistem operasi Android. Namun di sini saya sarankan kamu menggunakan aplikasi C Coding, sebab dari beberapa aplikasi yang gratis, tidak beriklan, ringan dan bersifat offline ya C Coding menurut saya bagus.

Langsung saja tidak perlu lama-lama menunggu silahkan klik saja alamat tautan ini di sini.

Lalu install di HP kamu sampai selesai.

Cara Menggunakan C Coding

Untuk menggunakan C Coding cukup mudah. Pertama kali kamu membuka C Coding akan disediakan struktur kode standar program C pada layar C Coding seperti terlihat pada gambar berikut.

Menyimpan File Kode Program

C Coding akan segera menyimpan otomatis setelah beberapa detik kamu mengetik kode program pada lembar kerjanya, namun penyimpanan itu tidak disimpan dalam bentuk file yang suatu saat dibutuhkan bisa dipanggil. Sebab ketika kamu menutup aplikasi C Coding kemudian membukanya maka C Coding akan segera menampilkan kode program yang terakhir kamu buka atau kerjakan.

$ads={1}

Jika kamu ingin membuat kode program lain maka kamu wajib menyimpannya dengan cara masuk ke Menu Save ➜ maka kotak pesan penyimpanan akan muncul.

Gantilah nama file yang awalnya berupa tanggal dan nomor file ke judul kode program yang kamu buat, misalkan program_pertamaku.c ingat .c tidak boleh dihapus.

Menjalankan Kode Program

Untuk menguji apakah kode program yang kamu buat sudah sukses atau masih harus diperbaiki maka kamu harus mengujinya dengan cara mengklik perintah Run.

Jika kode programmu berhasil maka akan ditampilkan di layar CLI (Command Line Interface). Namun jika gagal maka akan muncul pesan error yang dalam pesan tersebut kamu akan diarahkan kode mana yang harus diperbaiki.


Membuka File Kode Program

Cara memanggil file kode program yang pernah disimpan, cukup masuk ke Menu Open ➜ cari filenya di folder Download ➜ folder CodingC



Jika folder Download tidak muncul silahkan klik titik tiga︙sebelah kanan atas ➜ klik Tampilkan penyimpanan ➜ masuk ke menu garis tiga sebelah kiri atas ☰ ➜ pilih perangkat drive handphone kamu ➜ cari folder Download ➜ folder CodingC

Mereset Lembar Kerja

Mereset lembar kerja dilakukan agar semua kode program yang pernah dikerjakan dan sudah disimpan dan masih menempel pada lembar kerja dikembalikan ke kode program standar atau ke bentuk struktur kode program pertama kali aplikasi menyiapkannya.

Hal tersebut dimaksudkan jika kamu ingin membuat kode program baru tanpa harus menghapus lembar kerja secara manual.

Selanjutnya?

Pada materi selanjutnya kamu akan belajar tentang struktur dasar kode program bahasa C secara detail dan menyeluruh.

#03 : Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Pemrograman C

Referensi 

  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kvassyu.coding2.c

Apa Komentarmu?

Lebih baru Lebih lama