Cara Merangkai LED Pada Arduino

Hai... pada kesempatan kali ini kita akan belajaran tentang bagaimana caranya memprogram LED Blink dan cara merangkainya.

 

Rangkaian LED Pertama

Ketika belajar pemrogaman, program pertama yang harus dicoba pertama kali adalah memunculkan pesan "Hello World!". Dalam belalajar mikrokontroller ternyata juga ada, yang pertama kali harus dibuat adalah membuat lampu LED berkedip, LED berkedip maksudnya adalah flip-flop.

LED merupakan kependekan dari Light Emiting Diode, yaitu diode yang mampu mengubah listrik menjadi cahaya. Sebagaimana sifat diode, lampu LED memiliki kaki positif dan negatif. Sehingga pemasangannya tidak boleh terbaik, jika dipasang terbalik maka tidak akan ada arus yang mengalir dan LED pun tidak akan menyala. 

$ads={1}

Kaki positif pada LED disebut dengan kaki Anode, sedangkan kaki negatif disebut dengan Katode. Biasanya kaki positif lebih panjang dibanding kaki negatif. Perhatikan gambar LED berikut :

 
Gambar : Bagian-bagian LED. Sumber : wikipedia.org

Arduino bekerja pada tegangan 5-12 volt dengan arus yang relatif besar yang sanggup memutuskan LED. Sehingga jika kita ingin menyambungkan LED, maka kita butuh tahanan (resistor) untuk membatasi arus yang masuk ke LED. LED memiliki tegangan kerja yang disebut dengan forward voltage (fv) yang mana tegangan ini adalah tegangan yang dibutuhkan LED untuk bisa menyala dengan baik.

 
Gambar : Resistor. Sumber : wikipedia.org

Ukuran resistor yang bisa dipakai adalah 100Ω hingga 1KΩ (Ω dibaca ohm, satuan dari resistansi/hambatan), makin besar nilai resistor maka nyala LED akan semakin redup. Pada Arduino, tegangan yang keluar dari pin-pinnya adalah 0-5 volt. Sementara catu daya untuk Arduino antara 5-12 volt. Oleh sebab itu, pemilihan resistor tergantung tegangan mana yang akan kita gunakan.

Gambar : Rangkaian Percobaan LED

Silakan buatlah Rangkaian dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pasang kaki positif LED di G4 dan kaki negatifnya di G3,
  2. Setelah itu, hubungkan salah satu kaki resistor 220Ω pada lubang J3, kemudian kaki satunya ke lubang di kolom pertama dari kanan,
  3. Ambil kabel jumper, lalu sambungkan lubang J4 ke lubang di kolom kedua dari kanan,
  4. Ambil kabel jumper, sambungkan salah satu lubang di kolom pertama ke socket GND pada board Arduino,
  5. Ambil kabel jumper, sambungkan salah satu lubang di kolom kedua ke socket 5V di board Arduino
  6. Hubungkan USB Arduino ke komputer/laptop.
  7. Selamat! Anda sudah membuat rangkaian pertama Anda dengan Arduino.

Jika Anda memasangnya dengan benar, maka LED akan menyala. Jika tidak, mungkin kaki dipasang terbalik, silakan diperbaiki. 

Anda bisa menonton Videonya di Sini 

Silahkan melanjutkan ke materi Cara Memprogram Led Blink Arduino


Apa Komentarmu?

Lebih baru Lebih lama