Mengenal Arduino IDE Lebih Mendalam


Hai teman... Semoga hari ini kita senantiasa dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang Mengenal Arduino IDE Lebih Mendalam.

  Gambar : Ilustrasi Arduino IDE. Sumber : arduino.cc

Sebelum kita melakukan praktik tentunya yang harus dilakukan adalah mengenal Arduino IDE lebih jauh lagi agar nanti ketika sudah melakukan praktik dan membuat projek pertama kali tidak merasa kebingungan lagi.

Ini perlu dilakukan agar projek yang akan kita kerjakan nanti tidak madek begitu saja gara-gara cuma kita tidak mengenal lebih mendalam tentang bagaimana cara menggunakan Arduino IDE. Tentunya materi kali ini khusus bagi para pemula, dan jika Anda sudah pernah membuat projek dan telah menguasai medan Arduino IDE maka tidak perlu membaca ini. hehe.

$ads={1}

Pada materi kali ini kita akan belajar bagian-bagian Arduino lebih lengkap lagi meski sebelumnya kita telah belajar bagian-bagian tersebut pada artikel Cara Install Arduino IDE.

Tampilan Awal Arduino IDE

Ketika pertama kali kita membuak Arduino IDE maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

 
Gambar : Arduino IDE pertaka kali dibuka

  1. Pada Arduino IDE tersebut ada lembar kerja yang kosong disebut dengan tempat penulisan code program.
  2. Code program yang ditulis di lembar kerja tersebut disebut dengan sketch
  3. Arduino IDE secara otomatis akan membuatkan nama sketch yang belum disimpan dengan nama sketch bulan dan tanggal kapan ketika kita membukanya, disusuli dengan abjad a jika itu merupakan file baru dan b jika file baru ke-2 dan begitu c, d, e dan seterusnya. Contoh di atas tertulis dengan Sketch_mar08a yang berarti file program ini diberi nama sketch dibuat pada tanggal 08 Maret dan merupakan file sketch a (pertama).
Pada tampilan awal Arduino IDE tersebut terdapat 5 menu yang sediakan untuk keperluan fungsi atau perintah yang terdapat di Arduino tersebut.

Bagian Menu File

Ketika menu file diklik maka terdapat beberapa sub menu. Di bawah ini akan kami paparkan fungsi dan peruntukannya.

 
Gambar : Bagian Menu File

New : digunakan untuk perintah membuka file baru atau skceth baru.

Open : digunakan untuk perintah membuka file yang sudah pernah dibuat.

Open Recent : digunakan untuk membuka file tersimpan yang baru-baru saja dibuka.

Skecthbook : digunakan untuk membuka pustaka sketch.

Examples : digunakan untuk menampilkan beberapa contoh skecth yang disediakan oleh Arduino. Kita bisa meniru dan memodifikasi contoh sketch tersebut sesuai kebutuhan yang diinginkan. Berikut adalah tampilannya :

 
Gambar Examples

Close : digunakan untuk menutup aplikasi Arduino IDE.

Save : digunakan untuk menyimpan file. Jika file baru maka akan membuka save as secara otomatis dan meminta untuk menamai file baru tersebut. Jika file lama yang dibuka maka perubahan code program yang baru akan disimpan dengan menindih file lama.

Save as : digunakan untuk menyimpan file lama dengan nama file baru.

Page setup : digunakan untuk mengatur lembaran yang akan dicetak.

Print : digunakan untuk melakukan perintah pencetakan.

Preferences : digunakan untuk mengatur hal-hal yang berkaitan dengan fungsi Arduino IDE seperti mengubah bahasa, menautkan url untuk menambah library. Perhatihan gambar berikut :

Gambar Preferences

Silahkan centang compile sama upload pada kolom show verbose output during

Quit : digunakan untuk menutup aplikasi.

Bagian Menu Edit

Pada bagian ini juga banyak sub menu yang terdapat di dalamnya denga fungsi dan perintah yang berhubungan dengan pengeditan. 

 
Gambar : Menu Edit

Undo/Redo : digunakan untuk mengembalikan perubahan yang sudah dilakukan pada Sketch beberapa langkah mundur dengan Undo atau maju dengan Redo.

Cut : digunakan untuk meremove teks yang terpilih pada editor dan menempatkan teks tersebut pada clipboard.

Copy : digunakan menduplikasi teks yang terpilih kedalam editor dan menempatkan teks tersebut pada clipboard.

Copy for Forum : digunakan melakukan copy kode dari editor dan melakukan formating agar sesuai untuk ditampilkan dalam forum, sehingga kode tersebut bisa digunakan sebagai bahan diskusi dalam forum.

Copy as HTML : digunakan menduplikasi teks yang terpilih kedalam editor dan menempatkan teks tersebut pada clipboard dalam bentuk atau format HTML. Biasanya ini digunakan agar code dapat diembededdkan pada halaman web.

Paste : digunakan menyalin data yang terdapat pada clipboard, kedalam editor.

Select All : digunakan untk melakukan pemilihan teks atau kode dalam halaman editor.

Comment/Uncomment : digunakan memberikan atau menghilangkan tanda // pada kode atau teks, dimana tanda tersebut menjadikan suatu baris kode sebagai komen dan tidak disertakan pada tahap kompilasi.

Increase/Decrease Indent : berfunsgi untuk mengurangi atau menambahkan indetntasi pada baris kode tertentu. Indentasi adalah “tab”.

Find : digunakan memanggil jendela window find and replace, dimana kamu dapat menggunakannya untuk menemukan variabel atau kata tertentu dalam program atau menemukan serta menggantikan kata tersebut dengan kata lain.

Find Next : digunakan menemukan kata setelahnya dari kata pertama yang berhasil ditemukan.

Find Previous : digunakan menemukan kata sebelumnya dari kata pertama yang berhasil ditemukan.

Bagian Menu Sketch

Pada bagian inilah kebanyakan fungsi yang digunakan ketika melakukan praktik, sebab sub menu ini bisa dikatakan adalah inti dari aplikasi Arduino IDE ini meski tidak melupakan menu-menu yang lain.

Isi dari sub menu ini juga terdapat pada icon yang ada tepat di bawah menu. Perintah dan fungsi yang ada di sub menu ini sama persis seperti yang ada pada icon tersebut. Adapun sub menu yang terdapat pada menu sketch adalah sebagai berikut :

 
Gambar : Menu Sketch

Verify/Compile : digunakan untuk meverifikasi sketch apakah masih ada error atau sudah tidak. Hal ini dilakukan sebelum sketch diupload ke IC board arduino. Sedangkan compile akan melakukan kompilasi sketch ke dalam bentuk file hexa. Fileh hexa inilah yang nantinya bisa diupload ke IC board arduino.

Upload : digunakan untuk mengunggah sketch yang sudah dikompilasi ke dalam IC board arduino.

Upload Using Programmer : digunakan untuk mengunggah sketch dengan menggunakan programmer. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengunggah sketch ke dalam IC menggunakan USBASP atau jika kita ingin mengunggah sketch ke dalam IC dengan metode stand alone.

Export Compiled Binary : digunakan untuk menyimpan file dengan ekstensi .hex, file ini disimpan sebagai arsip untuk di upload ke board lain menggunakan tools yang berbeda.

Show Sketch Folder : digunakan untuk membuka folder sketch yang saat ini sedang dikerjakan.

Include Library : digunakan untuk menambahkan library/pustaka ke dalam sketch yang dibuat dengan menyertakan sintaks #include di awal kode. Selain itu kita juga bisa menambahkan library eksternal dari file .zip kedalam Arduino IDE.

Add File… : digunakan untuk menambahkan file ke dalam sketch arduino (file akan dikopikan dari drive asal). File akan muncul sebagai tab baru dalam jendela sketch.

Bagian Menu Tools

 
Gambar : Menu Tools

Auto Format : digunakan melakukan pengatran format kode pada jendela editor

Archive Sketch : digunakan menyimpan sketch kedalam file .zip

Fix Encoding & Reload : digunakan memperbaiki kemungkinan perbedaan antara pengkodean peta karakter editor dan peta karakter sistem operasi yang lain.

Serial Monitor : berungsi membuka jendela serial monitor untuk melihat pertukaran data. Menu ini juga disertakan icon-nya yakni berada di pojok kanan atas. 

Serial monitor merupakan suatu jendela yang menunjukan data yang dipertukaran antara arduino dan komputer selama beroperasi, sehingga kita bisa menggunakan serial monitor ini untuk menampilkan nilai hasil operasi atau pesan debugging. Selain melihat data, kita juga bisa mengirimkan data ke Arduino melalui serial monitor ini, caranya dengan memasukkan data pada text box dan menekan tombol send untuk mengirimkan data. Hal penting yang harus kita perhatikan adalah menyamakan baudrate antara serial monitor dengan Arduino board. Untuk menggunakan kemampuan komunikasi serial ini, pada Arduino, di bagian fungsi void setup(), diawali dengan instruksi Serial.begin diikuti dengan nilai baudrate.

Board : digunakan memilih dan melakukan konfigurasi board yang digunakan.

Port : memilih port sebbagai kanal komunikasi antara software dengan hardware.

Programmer : menu ini digunakan ketika kita hendak melakukan pemrograman chip mikrokontroller tanpa menggunakan koneksi Onboard USB-Serial. Biasanya digunakan pada proses burning bootloader.

Burn Bootloader : digunakan untuk membakar atau mengkopikan program bootloader kedalam IC mikrokontroler. Ini digunakan ketika IC mikrokontroler masih dalam keadaan kosongan.

Bagian Menu Help

Help : Disini kita bisa mendapatkan bantuan terhadap kegalauanmu mengenai pemrograman. Menu help berisikan file-file dokumentasi yang berkaitan dengan masalah yang sering muncul, serta penyelesaiannya. Selain itu pada menu help juga diberikan link untuk menuju Arduino Forum guna menanyakan serta mendiskusikan berbagai masalah yang ditemukan.

 
Gambar : Menu Help

Icon Perintah

Icon perintah merupakan perintah yang mewakili perintah pada menu yang telah dijelaskan tadi. Icon ini dibuat untuk mempermudah melakukan perintah-perintah yang kebanyakan sudah terdapat pada menu sketch.

Untuk penjelasan icon ini sudah kita bahas pada artikel sebelumnya yakni yang berjudul Cara Install Arduino IDE

Demikian penjelasan tentang menu dan fungsinya yang terdapat pada Arduino IDE. Jika Anda sudah memahami semua funngsinya maka nanti ketika melakukan praktik tidak akan kebingungan lagi.

Apa Komentarmu?

Lebih baru Lebih lama