Belajar Pemrograman C #01 : Berkenalan dengan Pemrograman C untuk Pemula


Assalamualaikum teman-teman....! semoga hari kita saat ini bahagia....

Tanda panah bisa kamu klik untuk menuju ke referensi yang ada di bawah dari artikel ini. Kamu juga bisa mengklik tanda panah ➶ untuk kembali ke paragraf yang sedang kamu baca tadi.

Baik, sekarang saya akan memperkenalkan bahasa pemrograman yang satu ini, bahasa pemrograman yang biasa diajarkan diperkuliahan dan bahkan di sekolah tingkat menengah atas atau SMA dan sederajad sudah diajarkan juga loh.... yaitu semenjak Kurmer (kurikulum merdeka) diberlakukan.

Tapi tahukah kamu apakah bahasa Pemrograman C itu, semenjak kapan diciptakan, siapa penemunya, bagaimana strukturnya, apakah rumit atau lebih sederhana dari bahasa pemrograman lain, atau apakah keunggulannya?

Mari kita simak bersama-sama penjelasannya di bawah ini : 

$ads={1}

Apakah itu Bahasa Pemrograman C?

Bahasa pemrograman C (dibaca si) adalah sebuah bahasa pemrograman general-purpose dan imprative yang mendukung pemrograman terstruktur dan rekursif.

Maksud dari general-purpose adalah bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat program apa saja. Sedangkan imprative adalah bahasa pemrograman yang menggunakan statement.

Sejarah Singkat Bahasa Pemrograman C

Pada tahun 1969 - 1973 dialah Dennis Ritchie yang telah membuat bahasa pemrograman C di Bell Labs.

Hal tersebut diawali oleh temannya yang bernama Ken Thomspon membutuhkan bahasa pemrograman untuk membuat sebuah program yang nantinya ia akan install di komputer yang menggunakan Sistem Operasi Unix, kala itu komputer PDP-7 masih menggunakan bahasa assembly. Komputer ini merupakan komputer mini yang dibuat oleh Digital Equipment Corporation.

Benar saja Dennis Ritchie mencoba membuat kompilator (compiler) untuk bahasa Fortan, namun yang terjadi ia gagal.

Akan tetapi ia mencoba membuat kompilator kembali yang disebut dengan bahasa B, merupakan bahasa sederhana dari bahasa BCPL. Namun ia merasa gagal lagi sebab bahasa ini sangat lambat, sehingga tidak banyak yang menggunakannya.

Karena merasa perlu adanya perbaikan pada program B yang ia buat akhirnya ia berpikir keras bagaimana caranya supaya program yang ia buat menjadi lebih cepat dan stabil tentunya dengan performa yang bagus pula. Akhirnya pada tahun 1969 ia berhasil membuat program baru yang lebih bagus dari sebelumnya kemudian ia beri nama pemrograman C.

Sejak saat itu pemrograman C digunakan pada sistem Unix versi 2. Kemudian pada Unix versi 4 (November 1973), karnelnya ditulis ulang dengan menggunakan bahasa pemrograman C.

Ket : "Karnel adalah program inti dari sebuah sistem operasi"

Dan pada perkembangannya bahasa C semakin diterima di masyarakat karena kemudahan dan struktur bahasanya yang mudah dan simpel, sampainya pada tahun 1978 buku pertama tentang bahasa C diterbitkan dengan judul "The C Programming Language".

Versi Bahasa Pemrograman C

Sebagaimana yang lazim terjadi pada semua bahasa pemrograman, Bahasa Pemrograman C juga memiliki beberapa versi. Tentunya adanya versi ini sebagai wujud dari semakin banyaknya peminat Bahasa Pemrograman C maka dari itu perlu ada penyempurnaan dan perbaikan dan tidak menghilangkan program awalnya sebagai bentuk dari dokumentasi.

Berikut versi-versi Bahasa Pemrograman C :

ANSI C dan ISO C

ANSI C dan ISO C merupakan versi awal yang menjadi standar bahasa pemrograman C. Versi ini dikenal juga dengan julukan C89, C90. Angka tersebut menandakan bahwa versi pemrograman ini dibuat pada tahun 89 (1989) dan 90 (1990).

C99

C99 sesuai namanya adalah bahasa pemrograman C yang dibuat tahun 1999. Versi ini dibekali dengan beberapa fitur baru dari sebelumnya seperti inline fuction, tipe data baru, variable-length, array dan lain sebagainya.

C11

Melihat dari angkanya tentunya cukup jauh jaraknya dari versi sebelumnya. Versi C11 ini dibuat pada tahun 2011 dan tentunya versi ini dibekali dengan fitur-fitur dan library modern seperti generic macros, anonymous structures, peningkatan dukungan terhadap unicode, atomic operation, multi-threading dan lain-lain.

C18

Nah ini adalah versi yang menjadi standar saat ini, dibuat pada tahun 2018.

Program Aplikasi yang dibuat dengan Bahasa Pemrograman C

Mungkin kalian bertanya-tanya, memangnya Bahasa Pemrograman C bisa dibuat untuk membuat apa saja sih. Apakah ada program aplikasi yang kita kenal saat ini proses pembuatannya menggunakan bahasa C?

Tentu saja Bahasa Pemrograman C bisa digunakan untuk membuat program aplikasi yang kita inginkan seperti yang telah saya singgung pada pembukaan di atas bahwa bahasa pemrograman C bersifat general-purpose.

Berikut beberapa contoh program aplikasi yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman C :

  1. Kernel Windows, Linux, OS X dan FreeBSD
  2. Office Suite (Microsoft, Libre, WPS, dll.)
  3. Visual Studio
  4. Senagian besar DBMS (MySQL, PostgreSQL)
  5. Adobe Suite
  6. GIMP
  7. Inkscape
  8. Chromium Engine (dan berarti semua browser turunannya termasuk tapi tidak terbatas pada Google Chrome, Vivaldi, Opera, Microsoft Edge)
  9. KDE Suite (Plasma, Applications maupun libraries)
  10. GCC & Clang

Selanjutnya ?

Itulah sekelumit tentang Berkenalan dengan Bahasa Pemrograman C, lalu setelah ini apa?

Selanjutnya kalian persiapkan alat tempur untuk belajar bahasa pemrograman C agar nanti bisa langsung praktik. OK!

#02 : Install Tools Pemrograman Bahasa C di Windows

#02 : Install Tools Pemrograman Bahasa C di Smartphone

Jika kalian sudah menginstall alat tempur di atas, kalian bisa lanjut ke materi selanjutnya :

#03 : Struktur Dasar dan Aturan Penulisan Pemrograman C

Referensi

  • https://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Imperative_programming
  • https://en.wikipedia.org/wiki/C_(programming_language)
  • https://en.wikipedia.org/wiki/PDP-7
  • https://id.quora.com/Apa-saja-aplikasi-yang-dapat-dibuat-dengan-bahasa-C

Apa Komentarmu?

Lebih baru Lebih lama