Pengenalan Arduino


Assalamu'alaikum.... Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan Arduino. Apa itu Arduino, untuk apa Arduino, dan apa manfaatnya bagi kehidupan kita sehari-hari.

Saya akan mencoba menjelaskannya dengan bahasa yang ringat, santai tapi yang pastinya mudah dipahami.

Baik langsung saja tanpa harus bertele-tele lagi, tentunya kalian juga tidak suka sesuatu yang bertele-tele bukan?

Pengertian Arduino

Untuk mengetahui apa itu arduino tentunya kita harus memetik pengertian dari pembuat arduino itu sendiri yakni yang berada di web resminya. Menurut mereka pengertian arduino sebagai berikut :

Arduino adalah platform elektronik open-source berdasarkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mudah digunakan. 
Sumber Arduino.cc

$ads={1}

Bila dilihat dari pengertian tersebut, Arduino merupakan platform elektronik yang open-source atau yang biasa kita sebut dengan suatu kode program yang bisa leluasa kita modifikasi sesuai selera dan bisa dipergunakan untuk kepentingan tertentu.

Juga terlihat dalam pengertian di atas bahwa Arduino menyediakan dua perangkat sekaligus yakni perangkat keras dan perangkat lunak.

Perangkat Keras Arduino

Perangkat keras Arduino berbentuk board atau papan yang diproduksi oleh Arduino itu sendiri. Board ini terdiri dari module mikrokontroler yang siap pakai yang bisa diprogram sesuai yang kita mau.

Karena sifatnya open-source maka kita bisa mengembangkan perangkat ini dan bisa secara bebbas mendistribusikannya ke halayak ramai.

Adapun perangkat keras atau board yang dikeluarkan oleh Arduino cukup banyak variasinya. Berikut adalah beberapa produk board Arduino yang sudah diproduksi:

Entry Level

Produk ini diperuntukkan bagi para pemula ataupun ahli, produk ini lebih mudah digunakan dan diprogram. Juga dilengkapi dengan Starter Kit atau tutorial bagi para pemula.

entrylavel

Enhanced Features

Produk Fitur yang ditingkatkan ini merupakan pengembangan produk Arduino selanjutnya yang performanya menurut mereka lebih cepat dan digunakan untuk projek-projek yang lebih kompleks.

fiturpengembang

Internet of Things

Produk yang ini digunakan untuk keperluan IoT atau Internet of Things yakni baord yang bisa dihubungkang melalui jaringan Internet, sehingga memungkinkan peralatan yang kita kontrol bisa melalui internet.

IoT

Yang saya sebutkan tadi hanyalah beberapa, jika Anda ingin mengetahui secara lengkapnya bisa langsung mengakses web resminya di www.arduino.cc

Perangkat Lunak Arduino

Selain mengeluarkan produk yang berupa perangkat keras, Arduino juga mengeluarkan perangkat lunaknya yang dinamai dengan Arduino IDE yang digunakan untuk mempermudah memprogram perangkat keras yang disebutkan tadi.

Dengan adanya Arduino IDE ini pemrograman mikrokontroler ini diklaim lebih mudah dari pada diprogram dengan aplikasi lainnya.

Bahasa yang digunakan di aplikasi Arduino IDE ini menggunakan bahasa pemrograman C++ yang sudah dimodifikasi sehingga lebih mempermudah para penggunanya.

Anda bisa mengunduhnya secara gratis di web resminya Arduino. Jangan khawatir, aplikasi ini tidak berbayar selamanya karena memang aplikasi ini dibuat secara open-source. Dan yang paling terpenting, pengembang arduino selalu melakukan update pada aplikasi tersebut.

Silahkan Unduh Arduino IDE nya di sini


Demikian pengenalan tentang Arduino yang bisa saya sampaikan secara singkat. Dan untuk apa serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari tentunya teman-teman bisa merasakan dan mengerti ketika sudah mempraktikkannya.

Sebelum semuanya dipraktikkan maka itu akan berhenti sebagai bahan bacaan saja. Oleh sebab itulah saya mengajak teman-teman untuk melanjutkan ke materi berikutnya sebagai bahan praktik agar kita benar-benar tahu dan merasakan manfaat dari alat ini.

Silahkan lanjut ke Cara Installasi Arduino IDE

Apa Komentarmu?

Lebih baru Lebih lama